Soal Ulangan Sd Ipa Kelas 5 Semester 2

Kumpulan Contoh Soal Ulangan Sekolah Dasar IPA Kelas 5 Semester 2 – Kembali lagi kita akan latihan dengan teladan soal. Kali ini kita akan berlatih untuk pelajaran ilmu wawasan alam (IPA) khusus untuk adik-adik kelas 5 sekolah dasar (Sekolah Dasar). Soal yang akan kita kerjakan ialah jenis soal pilihan ganda (pg). 

Pada soal adik-adik akan diminta untuk memilih satu tanggapan yang paling benar dari yang telah ditawarkan. Dengan berlatih seperti ini, jikalau adik-adik mampu melaksanakan soalnya maka memiliki arti adik-adik sudah paham dengan pelajarannya. 

Jika tidak mampu mengerjakan soal maka bermakna belum paham dan mesti belajar lagi dari buku catatan yang ada. Jawabannya mampu dicari dengan membuka kembali buku pelajaran yang ada. Atau bisa dilakukan bersama sahabat lain. 
Latihan kita kali ini akan lengkap. Artinya selain soal pilihan juga akan ada soal isian titik-titik dan juga soal uraian atau esai. Kaprikornus ada tiga jenis soal yang mau dilaksanakan. Soal ini bisa dipakai untuk antisipasi menghadapi ulangan harian atau ulangan semester.
Contoh Soal Ulangan Sekolah Dasar IPA Kelas 5 Semester 2

I. Berilah tanda silang (X) pada a,b,c atau d di depan tanggapan yang paling benar!
1) Gaya gesek terkecil terjadi antara 2 buah benda, jika…
a. salah satu permukaan mesti licin
b. salah satu permukaan harus bernafsu
c. kedua permukaan mesti licin
d. kedua satu permukaan mesti berangasan
Soal di atas menjelaskan perihal suatu goresan terkecil pada 2 buah benda. Yang mana yang menjadi pertanyaan adalah benda yang mempunyai permukaan mirip apa yang bisa menhasilkan sebuah ukiran yang kecil..? seleksilah tanggapan sesuai dengan tepat, dan yang menurut anda benar.
2) Contoh memperbesar gaya gesek yakni…
a. menaburi papan kerambol dengan bedak
b. memberi pelumas pada mesin
c. memberi alur kembang pada ban
d. memberi roda pada benda-benda yang berat
Soal di atas yaitu soal yang memiliki sebuah pemahaman ihwal cara memperbesar ukiran pada 2 buah benda. Dan yang menjadi pertannyaan ialah bagaimana cara menambahgaya gesek pada 2 buah benda..?, dan pada bab bawah ada sebuah acuan yang salah satunya ialah cara memperbesar tabrakan pada benda.
3) Gaya gesek paling besar terjadi antara 2 buah benda, jikalau…
a. salah satu permukaan harus licin
b. salah satu permukaan harus bernafsu
c. kedua permukaan mesti licin
d. kedua satu permukaan harus kasar
Soal di atas menjelaskan tentang sebuah gaya gesek yang besar pada 2 buah benda. Yang mana 2 buah benda mampu mneghasilkan sebuah gesekan yang besar kalau..?, dan pilihan di bawahnya adalah sebuah pilihan yang salah satunya adalah suatu jawaban dair soal yang telah di tuliskan di atas.
4) Gir dan rantai sepeda di beri minyak untuk…
a. mempercepat gaya gesek
b. memperlambat gaya gesek
c. memperbesar gaya gesek
d. memperkecil gaya gesek
Pada gir dan rantai pada sepeda motor, atau sepeda umumterdapat suatu gaya gesek. Yang mana pada soal di atas menjelaskan derma suatu minyak pada rantai dan gir dimaksudkan untuk..?, dan di bagian bawah soal sudah tertulis wacana sebuah pilihan yang terkait dengan suatu jawaban dari soal di atas.
5) Gaya gesek sebuah benda menjadi lebih besar, jikalau permukaan benda itu…
a. licin
b. bernafsu
c. kecil
d. pipih
Penyebab dari pada sebuah benda menciptakan sebuah ukiran yang besar yakni diindikasikan pada sebuah permukaan. Yang mana permukaan yang memiliki suatu bentuk dan sifat tertentu bisa menghasilakan gesekan yang besar. Permukaan benda yang seperti apakah yang mampu menghasilkan ukiran yang besar..?
6) Alat-alat permainan sky es di buat halus biar…
a. menambahgaya gesek
b. memperkecil gaya gesek
c. menambahgaya berat
d. memperkecil gaya berat
Dalam permainan sky yang biasa dijalankan di atas kawasan yang ber-es/ salju, yang mana alat sky pada bagian bawahnya dibuat halus. Hingga dengan menciptakan halus dari pada pemukaan pada bab bawah tersebut membuat sky gampang berlangsung di atas salju. Pemukaan pada bagian bawah di permukaan salju dimaksudkan..? 
7) Ban kendaraan yang telah halus mesti secepatnya di ganti karena gaya geseknya…
a. bertambah besar
b. tetap
c. hilang
d. bertambah kecil
Banda pada sebuah kendaraan memang bisa menjelma halus siring berjalannya waktu, dan seringnya penggunaan. Dan hal tersebut haruslah segera diganti alasannya adalah mampu menimbulkan sesuatu yang bisa membahayakan keselamatan insan. Pertanyaannya dalah bagaimanakah gaya gesek yang terdapat pada ban yang halus..?
8) Gerakan kelereng yang menggelinding di lantai kian usang semakin lambat, disebabkan gaya..
a. magnet
b. gesek
c. mesin
d. gravitasi
Kelereng yang melaju dengan cara dibuang memakai jari lazimnya usang kelamaan akan melambat dan berhenti. Terkait dengan hal tersebut apakah yang mengakibatkan hal yang demikian..?, seleksilah jawaban yang ada di bab bawah soal tersebut.
9) Makin kecil gaya gesek antara 2 benda, makin……benda itu bergerak.
a. cepat
b. lambat
c. sukar
d. sulit
Gaya gesek pada suatu benda memang mensugesti suatu gerak dari pada benda. Yang mana pemukaan benda dengan suatu jenis tertentu bisa menhasilkan suatu pergerakan yang tertentu pula. Terkait dengan sebuah pertanyaan di atas, semaik kecil suatu tabrakan pada suatu maka makin……. gerak benda.
10) Dibawah ini yakni benda-benda yang dapat memperkeci gaya gesek. Kecuali…
a. lilin
b. oli
c. bensin
d. pelumas
Soal di atas menjelaskan ihwal suatu benda yang bisa memperkecil suatu gaya gesek. Yang memang benar adanya sebuah gaya tabrakan mampu diperkecil dengan sebuah benda-benda tertentu. Terkait dengan soal di atas benda yang manakah yang tidak bisa memperkecil sebuah gaya ukiran dari pada 2 buah benda. 
Di bawah ini ada sebuah soal aksesori terkait  dengan suatu soal esai. Yang mana soal tersebut mempunyai sebuah perintah untuk mengisinya dengan benar, dan sesuai dengan jawaban aslinya. Pengisian bisa dilaksanakan pada titik-titk pada bab sesudah pertannyaan tersebut.
II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan balasan yang tepat!
Gaya gesek terjadi pada 2 buah benda yang saling…
Mendorong lemari pada lantai yang licin lebih…..ketimbang di lantai yang garang.
Makin besar permukaan benda, makin …………..gaya geseknya.
Mesin di beri pelumas supaya gaya geseknya makin……….
Makin besar permukaan yang bergerak, gaya geseknya kian……….
Suatu soal yang mudah bukan, untuk itu aku akan memberikan sebuah bonus soal lagi buat anda, sebagai suatu media pembelajaran dan media untuk mengasah otak. Yang mana printahnya masih sama isi dengan benar pada bagian titik.
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan sempurna!
1) Mengapa pada alas sepatu bola di beri paku-paku besar? Jelaskan!
2) Sebutkan 3 teladan gaya gesek yang menguntungkan bagi kehidupan sehari-hari!
3) Mengapa bola yang menggelinding di lapangan alhasil berhenti? Jelaskan!
4) Mengapa pada lemari es terdapat roda-roda kecil di bagian bawahnya?
5) Mengapa pada permukaan ban kendaraan beroda empat dibuat berangasan dan bercorak?

Kumpulan Contoh Soal Ulangan SD IPA Kelas  Soal Ulangan SD IPA Kelas 5 Semester 2

Itu beliau suatu soal selaku sebuah pembelajaran yang mampu anda aplikasikan di rumah. Dengan adanya soal ini mampu membantu anda dalam mengerjakan soal pada waktu ulangan datang, sehingga soal yang anda kerjakan terkesan sungguh mudah. Dan untuk bisa ahli dalam sebuah soal tentulah diperlukan kerja keras dan bersungguh-sungguh.