Penyebab Saldo ATM Berkurang Sendiri

Penyebab Saldo ATM Berkurang Sendiri

Pernahkah Anda merasa bahwa saldo ATM milik Anda berkurang sendiri? Atau tiba-tiba habis semua? Ada banyak sekali Penyebab Saldo ATM Berkurang Sendiri, nah berikut ini diantaranya :

Berkurang Karena Biaya Administrasi Bank

Setiap bulannya saldo ATM Anda akan terpotong oleh biaya administrasi bank dan biaya kartu. Besarannya sendiri cukup beragam, tergantung jenis tabungan dan layanan yang Anda gunakan. Sebagai contoh :

  • Biaya administrasi Bank BRI untuk jenis tabungan Simpedes adalah Rp 5.500/bulan.
  • Biaya administrasi Bank BRI untuk jenis tabungan BritAma adalah Rp 12.000/bulan (saldo diatas Rp 10.000.000) dan Rp 11.000 (untuk saldo dibawah Rp 10.000.000) dengan biaya pemeliharaan kartu¬† bulanan Rp 2.000-Rp 6.500.
  • Biaya administrasi Bank BCA untuk berbagai jenis tabungan adalah Rp 7.500-Rp 20.000/bulan.
  • Biaya administrasi Bank BNI untuk berbagai jenis tabungan adalah Rp 5.000-Rp 18.000/bulan.
  • Dan sebagainya.

Nah, jika saldo ATM Anda berkurang tiap tanggal yang sama tiap bulannya dengan nominal seperti diatas. Maka, Anda tidak perlu khawatir lantaran itu adalah biaya administrasi bank. Potongan biaya administrasi tersebut pasti ada, kecuali untuk beberapa jenis tabungan khusus. Seperti SimPel dan Tabunganku.

Berkurang Karena Biaya Admin Transaksi Lain

Selain berkurang karena biaya administrasi bank bulanan, Penyebab Saldo ATM Berkurang Sendiri lainnya adalah karena adanya biaya admin yang timbul atas suatu transaksi. Contohnya adalah transaksi transfer beda bank, pembayaran tagihan, penggunaan ATM di bank lain, top up e-wallet, SMS Banking, cek rekening koran, dan sebagainya.

Untuk transaksi-transaksi diatas Anda akan dikenai biaya admin yang langsung terpotong dari saldo rekening. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Biaya diatas akan dikenakan per transaksi ya. Jika tak ada transaksi, maka Anda tidak akan dikenai biaya ini.

Untuk berasarannya sendiri bervariatif. Tergantung jenis transaksi, volume transaksi, kebijakan tiap bank, dan jenis tabungan Anda.

Berkurang Karena Biaya Dormant Ketika Akun Anda Tidak Aktif

Penyebab Saldo ATM Berkurang Sendiri ketiga adalah karena adanya biaya dormant akibat akun Anda tidak aktif dalam kurun waktu tertentu secara berturut-turut. Biaya dormant setiap bank berbeda. Biasanya mulai dari rentang ribuan rupiah per bulan.

Untuk menghindari biaya penalti atau biaya dormant ini, pastikan akun rekening Anda selalu aktif ya. Minimal Anda harus bertransaksi 1 bulan sekali menggunakan rekening ini, dan rekening harus ada saldonya.

Baca juga: daftar rekening rumah zakat

Berkurang Akibat Ada Tagihan Autodebet

Apa Itu Autodebet? Autodebet sendiri merupakan sistem pembayaran otomatis per tanggal tertentu yang akan secara langsung mengurangi saldo rekening tabungan Anda. Untuk menggunakan fitur Autodebet ini, Anda harus menghubungkan akun bank Anda ke layanan lain.

Contoh :

  • Autodebet ke aplikasi investasi reksadana seperti Bibit, Ajaib, dan sejenisnya.
  • Autodebet untuk pembayaran otomatis pinjaman bank tiap tanggal tertentu.
  • Autodebet untuk tagihan kartu kredit.
  • Autodebet untuk pembayaran tagihan BPJS, Asuransi, Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Barang Elektronik, Tagihan PLN, Tagihan PDAM, dan lain sebagainya.

Dengan fitur Autodebet ini, Anda tidak perlu membayar atau menyetorkan uang lagi untuk jenis tagihan tertentu. Saldo rekening Anda akan secara otomatis berkurang untuk membayar tagihan ini tiap tanggal tertentu.

Untuk mencari tahu apakah rekening Anda terhubung dengan suatu layanan aplikasi Autodebet ini, Anda bisa menghubungi call center Bank BRI di 14017 / 1500017.

Berkurang Karena Rekening Dibobol

Untuk poin-poin diatas, Anda bisa menarik nafas lega karena tabungan Anda terpotong untuk sebab yang pasti. Nominal dan tanggal pemotongannya pun tetap.

Lalu, bagaimana jika kasusnya adalah pembobolan rekening? Untuk poin ini Anda harus waspada.

Contoh : sebelumnya ada Rp 10 juta di tabungan Anda, Anda tidak melakukan transaksi apapun. Tapi, ternyata begitu di cek lagi saldo Anda hanya tinggal Rp 50 ribu. Hal ini tentunya sangat meresahkan, bukan?

Salah satu penyebabnya adalah adanya tindak penipuan dengan modus pembobolan rekening. Coba Anda ingat-ingat lagi. Apakah ada nomor asing yang meminta nomor rekening, nomor kartu Anda, kode OTP untuk akses Mobile Banking Anda, ATM/Buku Tabungan Anda hilang di suatu tempat, atau ada orang asing yang berpura-pura membantu Anda di mesin ATM.

Kalau iya, mungkin Anda ditipu oleh orang tak bertanggungjawab. Bagaimana mengatasi hal ini? Anda bisa membuat laporan penipuan ke pihak bank dan ke pihak yang berwenang. Jika Anda masih was-was kalau saldo rekening Anda akan hilang setelah Anda mengisinya kembali. Maka, Anda bisa menutup rekening tersebut dan membuka rekening baru.

Pastikan, Anda tidak memberikan informasi mengenai rekening dan info pribadi Anda ke orang lain ya untuk menjaga keamanan data perbankan Anda.

Berkurang Karena ATM Anda Digunakan Orang Lain

Penyebab Saldo ATM Berkurang Sendiri yang terakhir adalah ATM Anda mungkin saja digunakan oleh orang lain. Dalam hal ini, ada orang lain yang punya akses ke ATM Anda beserta PIN-nya.

Orang tersebut mungkin mengambil sejumlah uang di ATM Anda. Namun, belum mengkonfirmasinya ke Anda. Sehingga Anda akan kebingungan kenapa ATM Anda berkurang.

Nah, dalam hal ini Anda perlu mengkonfirmasinya pada orang-orang yang punya akses ke kartu Anda. Tapi, jika ternyata tak ada yang menggunakan ATM Anda. Maka, Anda patut waspada. Jangan ragu untuk mendatangi kantor BRI terdekat atau menghubungi call center BRI untuk informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Ada beberapa Penyebab Saldo ATM Berkurang Sendiri, diantaranya adalah : karena biaya administrasi bulanan bank, biaya admin untuk transaksi tertentu, biaya dormant, adanya tagihan autodebet yang aktif, rekening dibobol, atau ada orang lain yang mengambil uang di ATM Anda tanpa sepengetahuan Anda sebagai pemilik rekening. 

www,helmykediri com

Source link

Leave a Comment