Mengenal Virtual Bank Neo Commerce dan sederet keunggulannya

Pengalaman Pribadi Menggunakan Bank Neo Commerce

Neo Bank sebelumnya bernama Bank Yudha Bhakti yang dikuasai oleh group Gozco bermarkas di Jakarta dan bergerak dalam bidang perbankan. Berdiri pada awal 1989 dengan pengguna induk koperasi di lingkungan TNI sampai saat ini memiliki 660 karyawan (2018).

Sebagai seorang Wanita, tentu saja saya sangat suka berbelanja, baik itu secara online maupun mengunjungi toko secara langsung. Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, kegiatan berbelanja tidak mengharuskan pembeli mengunjungi toko. Ada banyak sekali aplikasi penyedia layanan belanja online di playstore maupun tempat lainnya. 

Saya sendiri memiliki tiga aplikasi penyedia jasa toko online yang terinstal di hp pribadi. Salah satu faktor yang membuat saya menginstal lebih dari satu aplikasi belanja online adalah sebagai bahan pertimbangan atau pembanding harga antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. 

Faktor lain karena tidak semua aplikasi tersebut memiliki fitur bayar di tempat. Biasanya aplikasi menyediakan pembayaran secara online. Baik melalui fitur yang ada didalam aplikasi tersebut, aplikasi lainnya maupun menggunakan bank online.

 

Nah, ketika melakukan pembayaran pada aplikasi, saya biasanya menggunakan bank online. Berawal dari kegiatan belanja online itu akhirnya saya menemukan aplikasi bank online yang bernama Bank Neo Commerce atau biasa disingkat BNC. 

Saya mulai menggunakan BNC sejak februari 2022. Saat itu saya install aplikasinya dari playsore. Setelah terinstal di hp, lalu saya buka dan melakukan pendaftaran akun.

Pada proses pendaftaran, BNC mengharuskan pengguna baru mengupload KTP serta verifikasi pengenalan wajah. Setelah memasukan data diri dan lolos deteksi wajah, selanjutnya membuat password dan lain sebagainya hingga saya pun resmi mempunyai akun BNC. 

Setelahnya saya mencoba login ke BNC menggunakan akun yang saya daftarkan tadi. Didalamnya tidak hanya terdapat fitur yang terkait dengan urusan perbankan saja, tetapi ada juga fitur pembelian pulsa, paket kuota, pembayaran tagihan listrik, deposito dan lain-lain.

halaman awal neo bank

Di bagian atas terdapat empat fitur utama BNC, yaitu Scan QR, Tambah Saldo, Transfer dan Histori;

Fitur Scan QR, kita dapat melakukan scan kode QR untuk mentransfer uang kepada orang lain yang sama-sama memiliki aplikasi BNC. 

Tambah Saldo, kita dapat menambahkan saldo ke rekening BNC melalui fitur virtual account atau transfer bank. Untuk transfer bank, terdapat tiga pilihan bank yang populer yaitu Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Untuk fitur transfer, BNC memiliki tiga pilihan yaitu ke sesama BNC, ke bank lain, dan pembayaran ke virtual account (VA). Khusus untuk transfer ke sesama BNC ada cashback yang diberikan oleh BNC dengan nominal minimal transfer Rp 1000,00. Fitur ini pada awal kemunculan BNC dimanfaatkan oleh pengguna baru BNC untuk mendapatkan cashback sebanyak-banyaknya. 

Tetapi pihak BNC membatasi untuk transfer ke sesama BNC maksimal lima kali dalam sehari. Jika sudah melewati batas itu, maka tidak akan mendapat cashback.

Informasi tambahan, menurut pengalaman pribadi tidak ada biaya admin pada saat transfer ke sesama BNC. Untuk fitur transfer ke bank lain juga gratis tanpa biaya fee dengan limit harian mencapai 300juta 

Untuk fitur pembayaran virtual account, saya pernah mencobanya untuk melakukan pembayaran pada salah satu aplikasi penyedia toko online dan tidak ada biaya admin untuk itu.

Fitur selanjutnya adalah histori, didalamnya terdapat riwayat transaksi yang kita lakukan. Baik itu transfer, pendapatan bunga dari saldo BNC, pembelian pulsa atau kuota dan lain sebagainya. 

Dibagian atas menu histori ini terdapat keterangan uang masuk dan uang keluar. Jadi kita bisa mengetahui total uang yang masuk ke rekening BNC maupun total uang yang sudah kita keluarkan.

 

Selain fitur utama tersebut masih ada banyak fitur yang terdapat di dalam aplikasi BNC. Fitur-fitur tersebut yaitu Rekening (tabungan utama dgn bunga 1,5% p.a), Top Up Neo NOW (bunganya 6% p.a), Ajak Teman (pengguna baru fee 10 rb, pengguna baru membuka deposito fee 15 rb), Dunia Neo (mengumpulkan koin untuk ditukar dengan kupon cashback, saldo virtual deposito, saldo), Deposito (bunga 8% p.a), Top Up E-Money (mengisi ewallet), Pulsa (membeli pulsa), Peduli Lindungi (scan peduli lindungi), Pembayaran Virtual Account, Deposito (berjangka mulai dari 1 bulan), Token PLN, Paket Data, Neo Jurnal (pembuat catatan keuangan otomatis), Pulsa Pascabayar, Tagihan PLN, Voucher Game, Internet dan TV Kabel, Top Up Wifi.ID, BPJS, PDAM, Pertagas, dan Donasi . Tambahan fitur pop up yaitu Neo Fortune (gacha berhadiah uang tunai/kupon diskon/saldo virtual deposito/uang 999 rb)

Saya tidak akan membahas semua fitur tersebut secara rinci karena saya tidak menggunakan semuanya. Saya hanya membahas fitur yang pernah saya gunakan ketika saya membuka aplikasi BNC. 

Pertama kita akan membahas fitur pop up atau fitur melayang Neo Fortune. Fitur ini berisi seperti mesin slot, ketika kita membukanya… kita berhak mengambil hadiah dari BNC secara acak. 

permainan gacha neo bank

Hadiah yang pernah saya dapatkan dari Neo Fortune ini diantaranya adalah uang tunai yang dapat ditarik ke rekening BNC, kupon diskon, dan kupon pengalaman. Kita diberikan satu kali kesempatan penarikan hadiah setiap harinya. Tapi khusus untuk pengguna yang memiliki saldo rekening minimal Rp 100.000,00 diberikan dua kali kesempatan setiap harinya.

Untuk fitur rekening, terdapat dua jenis tabungan yaitu Tabungan Neo dan Neo NOW. Awalnya saya kira kedua tabungan itu sama saja, tetapi setelah saya amati ternyata berbeda. Perbedaannya terletak pada bunga dari BNC, bunga hanya diberikan untuk jenis Neo NOW. Sedangkan tabungan Neo bunganya kecil.

Selanjutnya fitur ajak teman, saya pernah menggunakan fitur ini karena ketika kita berhasil mengajak teman untuk daftar ke BNC lewat kode referral yang kita punya, BNC akan memberikan hadiah sebesar Rp 10.000,00 dan ada tambahan sebesar Rp 15.000,00 jika teman yang kita ajak membuka deposito dengan minimal durasi satu bulan. Totalnya menjadi sebesar Rp 25.000,00 untuk setiap orang yang kita ajak. Tapi sampai saat ini saya pribadi hanya dapat mengajak beberapa orang teman saja.

Fitur yang sering saya gunakan selanjutnya adalah dunia neo. Didalamnya terdapat animasi seekor kucing yang menjadi maskot dari BNC. Di dalam dunia neo, BNC mengibaratkannya kita seperti berada didalam sebuah rumah. Dirumah ini, setiap harinya kita akan diberikan beberapa keping koin yang dapat kita kumpulkan. 

dunia neo kumpulkan poin

Setelah terkumpul dalam jumlah tertentu, kita bisa menukarkan koin tersebut. Kita bisa menukarkannya dengan uang tunai yang dapat kita tarik ke rekening kita. Kita juga bisa menukarkannya dengan kupon pengalaman, kupon diskon, dan kupon bunga ekstra.

Jumlah koin yang ditukarkan bergantung pada pilihan yang kita pilih. Jika kita ingin cepat mendapatkan banyak koin, BNC memberikan beberapa pilihan untuk kita. Diantaranya adalah dengan mengunjungi rumah teman, mengunjungi town hall, maupun menyelesaikan tugas yang diberikan oleh BNC. 

Pada awal kemunculannya, tugas yang menjadi favorit pengguna adalah saling transfer ke sesama BNC. Selain mendapatkan koin, kita juga mendapatkan cashback. Untuk sekali transfer, kita akan mendapatkan 300 koin sedangkan untuk cashback diberikan secara acak. Sayangnya saat ini pilihan tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi karena periode promonya telah berakhir.

Fitur selanjutnya yang pernah saya gunakan adalah pembelian pulsa. Menurut saya, membeli di BNC jauh lebih hemat daripada membeli di tempat penjual pulsa pada umumnya. Karena harga pulsa di BNC hanya selisih beberapa ratus rupiah saja. Sedangkan ketika saya membeli di tempat penjual pulsa, selisihnya bisa mencapai ribuan tergantung penjualnya.

Demikian pengalaman pribadi saya menggunaka BNC. Untuk fitur yang lainnya belum pernah saya gunakan. Mungkin kedepannya saya akan jarang membuka BNC, hanya sesekali saja untuk mengambil koin. 

Mengingat BNC saat ini setelah melakukan update aplikasi, beberapa fitur serta promo cashback menarik yang menjadi favorit pengguna sudah tidak ada atau mengalami perubahan yang signifikan. Memang dari segi tampilan, BNC yang sekarang jauh lebih bagus dari sebelumnya. Tapi menurut saya pribadi, tampilan yang baik tersebut sebaiknya diimbangi dengan peforma aplikasinya.

— Amy Pujastuti 

— Helmykediricom

Source link

Leave a Comment