Fungsi Aplikasi Absensi Online Karyawan Dalam Mengelola Tim Sales

Tim sales dan pemasaran merupakan salah satu dari berbagai divisi di dalam perusahaan yang secara khusus membutuhkan pemanfaatan manajemen waktu yang tepat.

Setiap menit yang dihabiskan oleh tim untuk beraktivitas di luar pemasaran dapat membuka peluang untuk bisa menghasilkan penjualan lebih baik.

Di sisi lain, HRD bertanggung jawab untuk ikut campur tangan dengan mengawasi setiap karyawan di perusahaan. Tim sales diharuskan untuk selalu datang ke kantor sebelum berjumpa dengan klien di hari itu.

Jika hal itu masih dilakukan, tentu menghambat tim sales untuk bergerak dengan cepat dan efisien. Solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan aplikasi absensi online karyawan berbasis mobile. 

Aplikasi Absensi Online Karyawan

Dengan aplikasi ini, HRD masih bisa memantau kehadiran tim sales sambil memberikan tingkat kemandirian serta fleksibilitas yang besar.

Kenapa bisa memudahkan? Alasannya karena aplikasi absensi online menyediakan sejumlah fitur utama yang membantu karyawan melakukan sejumlah kegiatan kerja secara mandir, diantaranya yaitu:

  • Clock in dan clock out. Fitur ini berfungsi sebagai penanda bahwa kapan karyawan mulai bekerja tepat waktu atau terlambat.
  • Leave management. Aplikasi absensi mampu merekam data kehadiran karyawan, seperti sakit atau izin. Selain itu, umumnya tersedia fitur pengajuan cuti yang mudah.
  • GPS tracker. Seperti namanya, fitur ini membantu melacak lokasi karyawan yang bekerja secara mobile menggunakan jaringan sistem satelit navigasi global untuk memberikan informasi lokasi dan melacak pergerakan karyawan.
  • Report. Fitur ini memudahkan kerja tim HRD, dimana sistem absensi ini juga akan memberikan laporan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan jam kerja karyawan, total kehadiran, pola shift karyawan, dan lain-lain.

Baca Juga: Contoh CV

Manfaat Aplikasi Absensi Online Mobile Dalam Mengelola Tim Sales

Aplikasi absensi online ini tentu memberikan manfaat bagi perusahaan dalam mengelola tim salesnya agar mencapai target yang diinginkan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Proses absensi yang lebih praktis

Selama perangkat terhubung dengan koneksi internet, aplikasi absensi mobile ini bisa diakses dengan mudah. Itu artinya, tim sales dapat melakukan absensi dimanapun mereka berada, bahkan di lokasi tempat klien berada. 

Hal ini menguntungkan tim sales yang tidak perlu menghabiskan banyak waktu bepergian ke kantor dan langsung menjumpai klien.

Di samping itu, tim HR akan tetap mendapatkan absensi yang akurat karena biasanya aplikasi absensi menyediakan database yang terintegrasi. Fungsi dari aplikasi absensi ini juga sebagai wadah memuat berbagai informasi terkait karyawan, seperti jam kehadiran karyawan. 

Dengan begitu, tim HR akan lebih mudah memantau kedisiplinan karyawan dan mengetahui apakah tim sales bekerja tepat waktu atau tidak.

2. Memantau lokasi tim sales

Divisi penjualan pasti bekerja dari satu lokasi ke lokasi lain untuk bertemu klien. Inilah yang membuat HRD terkadang kesulitan memantau lokasi tim dan mengharuskan mereka untuk memberikan laporan terkait lokasi mereka berada.

Adanya aplikasi absensi ini, hal tersebut tidak akan diperlukan lagi karena umumnya aplikasi seperti LinovHR telah menyediakan fitur GPS tracker bagi karyawan yang menggunakannya. 

Di LinovHR fitur pelacakan GPS ini dapat menunjukkan tanggal dan waktu yang dihabiskan karyawan di lokasi tertentu dan melacak rute perjalanannya.

3. Melacak jam kerja tim sales

Jam kerja di tiap perusahaan umumnya berbeda-beda. Namun, karyawan harus tetap memenuhi kewajibannya bekerja total 40 jam seminggu. Melacak total jam kerja ini yang bisa jadi kesulitan bagi tim sales. 

Untungnya, aplikasi absensi online menyediakan fitur pelacakan waktu kerja karyawan dalam satu hari, minggu, atau satu bulan.

4. Manajemen waktu jadi lebih baik

Supaya dapat bertemu dengan beberapa klien sekaligus dalam satu hari, tim sales harus bisa mengatur waktu kerjanya sebaik mungkin. Mereka harus dapat memahami bagaimana menghabiskan jam kerjanya.

Untuk membantu manajemen waktu tim sales lebih baik, bisa menggunakan GPS tracker pada aplikasi absensi online mobile. Fiturnya mampu mencatat berapa banyak waktu yang dihabiskan setiap kali kunjungan ke klien sehingga tim dapat mengetahui manajemen waktu mereka sendiri.

5. Tingkatkan Target Penjualan Tim Sales

Secara tidak langsung, aplikasi absensi online mampu mendorong pencapaian target penjualan tim sales. Karena aplikasi ini dibangun dengan beragam fitur seperti GPS tracker dan time tracker, sehingga membangun disiplin dan tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaannya.

Pada akhirnya, fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini membantu manajemen waktu karyawan lebih baik dan mendorong pekerjaan tim sales agar lebih produktif.

Dengan mengoptimalkan peran teknologi, perusahaan dapat membangun budaya kerja yang lebih baik. Sehingga, mampu mendorong perkembangan bisnis perusahaan.

Apabila Anda masih belum juga beralih ke sistem digital, saatnya menggunakan sistem absensi online sekarang juga. LinovHR mempermudah pengelolaan karyawan dan mendorong produktivitas karyawan.

Selain memudahkan pencatatan data absensi karyawan, LinovHR juga memiliki fitur canggih yang mampu menyederhanakan proses kegiatan rekrutmen. Kompleksitas rekrutmen dapat digitalisasi ke dalam satu sistem yang terintegrasi jadi lebih cepat dan tepat merekrut karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Terlebih data-data seluruh kandidat dapat disimpan otomatis sehingga memudahkan HRD untuk menyortir mana kandidat yang akan ditindaklanjuti lebih jauh.

Jika Anda ingin tahu informasi lengkapnya, bisa mengunjungi situs LinovHR untuk membuat jadwal demo, gratis!

Source link

Leave a Comment