Cara Setting Jaringan Internet PTP – Point to Point UBIQUITI M5

[ad_1]

Cara Setting Jaringan Internet PTP – Point To Point Menggunakan UBIQUITI Nano Station Loco M5. Pada dasarnya untuk membuat kompigurasi jaringan internet berbasis wifi PTP (Point to Point) yang wajib kita harus tahu adalah cara kerja sistem jaringan yang akan digunakan.

Jika kita berbicara mengenai kosep dasar cara kerja internet PTP point to point, maka artinya adalah kita perlu menentukan satu perangkat wireless di jadikan sebagai Pemancar Sinyal Wifi atau yang populer kita sebut Access Point, sedangkan satu perangkat wireless lainnya kita fungsikan sebagai Station atau umumya disebut sebagai penerima sinyal wifi.

Perlu dipahami, jika kita berbicara Access Point, maka secara umum kita akan membayangkan bahwa sinyal yang di pancarkan oleh access point akan dapat di terima dan digunakan oleh user secara langsung, namun jika kita masuk dalam access point untuk jaringan wireless point to point, maka sinyal yang di pancarkan oleh access point terlebih dahulu harus diterima oleh Station, selanjutnya di transmikan ke router baru kemudian bisa di gunakan oleh user.

Sinyal yang diterima oleh Station atau penangkap sinyal wifi selanjutnya bisa di teruskan kembali ke Access Point dan di pancarkan ulang agar di terima lagi oleh Station dan begitu seterusnya atau bisa juga setelah sinyal wifi yang di terima oleh Station langsung dinikmati oleh user / client dengan syarat ada penambahan perangkat jaringan internet, misalnya wireless router yang bisa digunakan untuk membuat koneksi internet wifi dan internet menggunakan kabel.

Pada dasarnya, jaringan PTP – point to point hanya di khususkan untuk sebuah perangkat atau beberapa perangkat tertentu, artinya jaringan internet tidak ditujukan untuk user secara langsung, mengingat bahwa jaringan point to point sebenarnya merupakan jaringan gelombang radio yang memiliki frequency dengan kecepatan tinggi yang hanya bisa dilakukan oleh perangkat jaringan dengan settingan dan spesifikasi tertentu.

Dari pembahasan di atas bisa diambil kesimpulan, jika Anda ingin membuat koneksi jaringan internet PTP – poit tu point maka kita membutuhkan dua perangkat wireless radio dengan settingan yang berbeda, yaitu:

  1. Satu wireless radio di setting sebagai Access Point / Pemancar Signal Wifi.
  2. Satu wireless radio di setting sebagai Station / Penerima Signal Wifi.

Access Point.

Acces Point Access Point salah satu perangkat dalam jaringan komputer yang berguna untuk membuat jaringan nirkabel yang sifatnya lokal atau disebut dengan istilah WLAN – Wireless Local Area Network.

Station / Client.

Station merupakan perangkat yang di fungsikan sebagai penerima sinyal wireless / gelombang radio yang di pancarkan oleh  Access Point, dan untuk melakukan bagaimanan cara setting Radio Wireless sebagai Station / penerima sinyal wifi, silahkan baca artikel tentang bagaimana Cara Setting UBIQUITI M5 Sebagai Penerima Sinyal Wifi / Station.

Demikian yang bisa saya share mengenai artikel tentang Bagaimana Cara Setting Jaringan Internet PTP – Point to Point Menggunakan Radio Wireless Ubiquiti NanoStation Loco M5.

[ad_2]

Source link

Leave a Comment