Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh (Winbox, WebFig, SSH, Telnet, FTP, Hyper Terminal)

[ad_1]

Cara Setting Mikrotik Jarak Jauh Menggunakan Winbox dan Web Browser (Webfig). Didalam dunia jaringan internet tentu urusan remote jarak jauh perangkat komputer bukanlah sebuah hal baru, karena dengan memanfaatkan sistem remote perangkat jaringan komputer dari jarak jauh akan membuat pekerjaan semakin lebih efisien, dan tentunya bagi anda yang bekerja sebagai administrator jaringan wajib memahaminya.

Pada tutorial ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara setting remote mikrotik jarak jauh secara detail sehingga pengguna komputer awam sekalipun akan sangat mudah mempelajarinya.

Cara Remote Mikrotik Dari Jarak Jauh.
Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk setting mikrotik dari jarak jauh, antara lain.

  1. Winbox, dengan menggunakan winbox, maka anda bisa melakukan settingan router board mikrotik dari jarak jauh kapanpun dan dimanapun.
  2. Webfig, webfig merupakan layanan setting RouterOS berbasis web yang dapat digunakan untuk melakukan setting mikrotik dengan sangat mudah dari jarak jauh.
  3. SSH dan Telnet, untuk dapat melakukan setting jarak jauh mikrotik anda bisa menggunakan Putty yang merupakan aplikasi remote access yang sangat aman dan sudah sangat familiar dengan memanfaatkan protocol jaringan seperti SSH dan Telnet.

Selanjutnya pada artikel cara remote mikrotik dari jarak jauh, saya akan menggunakan Winbox dan IP Public Static untuk remote mikrotik, untuk itu, maka sebelum dapat melakukan pengaturan mikrotik dari jarak jauh, ada 3 (tiga) hal yang perlu kita pahami, antara lain:

1. Mengetahui IP Public Static yang terpasang pada Mikrotik, IP Address tersebut biasanya diberikan oleh pihak ISP (Internet Service Provider) kepada pelanggan saat pertama kali pasang layanan jaringan internet, misal BizNet, Astinet, Icon+ Plus, dan lain sebagainya, dan untuk melihat IP Address yang terpasang di mikrotik yang nantinya akan kita remote adalah sebagai berikut.
Buka Winbox – Kemudian klik IP – lalu pilih Addresses.

2. Aplikasi Winbox, untuk mendapatkan software Winbox, silahkan download di situs resmi Mikrotik Indonesia.

3. Bagi pengguna jaringan internet dengan IP Public Dinamic, misalnya pelanggan indihome, maka secara umum akan mendapatkan IP Publik Dinamik yang tentu saja IP Publik yang di miliki pengguna indihome dapat berubah setiap waktu.

Sehingga jika anda ingin melakukan control penuh jaringan internet dari jarak jauh, maka bisa memanfaatkan fitur IP Cloud Mikrotik, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang Solusi Remote Mikrotik Dengan IP Public Dinamic.

Beberapa Aplikasi Remote Mikrotik Jarak Jauh.
Sebenarnya mikrotik sudah menyediakan banyak fitur yang dapat digunakan untuk remote mikrotik dari jarak jauh, misalnya:

  1. Remote Mikrotik Dengan Winbox.
  2. Remote Mikrotik Dengan WebFig Web Browser.
  3. Remote Mikrotik Dengan FTP.
  4. Remote Mikrotik Dengan SSH.
  5. Remote Mikrotik Dengan Telnet.
  6. Remote Mikrotik Dengan Hyper Terminal.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk remote mikrotik dari jarak jauh menggunakan Winbox dan Webfig / Web Browser.

Baca Juga.

Cara Remote Mikrotik Dengan Winbox.
Selanjutnya, sebelum anda dapat melakukan remote mikrotik dari jarak jauh menggunakan Winbox, maka anda harus memiliki software / aplikasi Winbox, untuk itu silahkan kunjungi situs resmi mikrotik untuk Download Mikrotik Tebaru.

Langkah selanjutnya, anda harus melakukan settingan port yang akan digunakan pada aplikasi Winbox, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.
1. Masuk Mikrotik melalui Winbox.
2. Kemudian, silahkan klik IP, lalu pilih Services.

3. Selanjutnya silahkan pilih layanan apa yang ingin anda gunakan untuk memanggil / remote mikrotik dari jarak jauh, misalnya.
– API.
– API-SSL.
– FTP.
– SSH.
– Telnet.
– Winbox.
– WWW.
– WWW-SSL.

Karena pada contoh kali ini saya ingin remote mikrotik menggunakan Winbox, maka untuk caranya adalah sebagai berikut.

  1. Klik 2x pada Winbox.
  2. Secara default port yang digunakan winbox adalah 8291, untuk itu anda bisa merubah port sesuai yang ingin anda gunakan, misal 800.
  3. Selanjutnya klik Apply.
  4. Lalu klik OK.

4. Selesai, untuk melakukan remote mikrotik dari jarak jauh atau memanggil mikrotik menggunakan jaringan internet lain, silahkan buka Winbox lalu masukkan IP Publik yang terpasang di mikrotik, misal, Mikrotik memiliki IP PublicĀ 22.227.14.137, maka untuk memanggilnya silahkan ketik 22.227.14.137:800.

Cara Remote Mikrotik Lewat Web Browser (WebFig).
Untuk remote mikrotik melalui browser bisa di lakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu:

  1. Menggunakan protocol standard jaringan internet WWW atau HTTP.
  2. Menggunakan protocol terenkripsi SSL, TLS, HTTPS

Cara Remote Mikrotik Menggunakan WWW.
Sebelum dapat melakukan remote mikrotik dari jarak jauh menggunakan WebFig, maka anda harus merubah settingan port yang digunakan layanan WWW.

Secara default Port yang digunakan oleh layanan WWW adalah 80, maka jika anda ingin melakukan remote mikrotik melalui WWW, silahkan buka browser (Google Chrome, Mozilla Firefox), kemudian di address bar browser silahkan ketikkan angka 22.227.14.137:80.

Cara Remote Mikrotik Dengan WWW-SSL, TLS, HTTPS.
Setting jarak jauh mikrotik menggunakan jaringan aman terenkripsi SSL (Secure Sockets Layer) atau menggunakan TLS (Transport Layer Security) memang sangat disarankan sebagai salah satu solusi untuk menghindari serangan mikrotik dari hacker.

Penggunaan protocol jaringan TLS / SSL selanjutnya merujuk pada istilah HTTPS yang berfungsi untuk mengamankan komunikasi digital antara browser dan website / situs sehingga data user akan lebih aman dar pencurian data oleh pihak lain.

Baca Juga.

  • Perbedaan HTTP dan HTTPS, Serta Hubungannya Dengan TLS / SSL.

Untuk melakukan remote mikrotik menggunakan jaringan aman SSL, terlebih dahulu anda juga harus melakukan settingan pada IP Service Mikrotik, dengan cara masuk

Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh Dengan SSH dan Telnet.
Selanjutnya jika anda ingin melakukan remote mikrotik denganĀ SSH atau Telnet, maka anda membutuhkan aplikasi / software PuTTY, untuk mendpatkan aplikasi PuTTY, silahkan Download PuTTY Terbaru.

Kemudian agar anda dapat meremote mikrotik dari jarak jauh menggunakan SSH dan Telnet, maka terlebih dahulu silahkan rubah port sesuai yang anda inginkan pada menu SSH dan Telnet, kemudian silahkan buka aplikasi PuTTY lalu pilih SSH jika anda inggin menggunakan SSH dan pilih Telnet jika anda ingin menggunakan Telnet.

Demikian tutorial yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana cara mudah setting mikrotik dari jarak jauh.

[ad_2]

Source link

Leave a Comment