7 Cara Mengusir Kecoa secara Alami yang Ampuh dan Cepat di Rumah

[ad_1]

Meskipun tidak termasuk binatang yang berbahaya, namun Anda harus waspada dengan kehadiran kecoa dirumah. Sebab kecoa sendiri dikenal sebagai salah satu serangga yang mampu mendatangkan banyak penyakit loh. Ketika menyadari ada kecoa, Anda harus segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. Namun, bagaimana cara mengusir kecoa secara alami yang ampuh dan cepat dirumah?

Umumnya kecoa lebih menyukai tempat tempat yang lembap dan gelap. Contohnya seperti di kamar mandi, bagian bawah lemari es, dekat tempat pencucian piring, belakang kompor, lemari pakaian sampai dengan saluran pembuangan. Kecoa hidup dengan cara mengonsumsi makanan yang tidak higienis, sehingga ia bisa menyebarkan virus dan kuman sebagai penyebab penyakit.

Uniknya kecoa ini salah satu hewan yang mampu berkembang biak dengan cepat. Misalnya seekor kecoa betina saja bisa mengeluarkan 1 sampai 4 telur setiap 20 sampai 28 hari sekali loh. Nah, masing masing telur tersebut berisi 35 sampai 50 kecoa kecil. Jadi kalau tidak segera dibasmi, tentu saja kecoa akan berkembang biak dengan cepat dan menyebarkan berbagai penyakit dirumah Anda.

Untuk menjaga rumah Anda tetap bersih dan terhindar dari kecoa, sebagai berikut akan dijelaskan beberapa cara mengusir kecoa secara alami yang tepat, ampuh dan cepat dirumah. Yuk simak.

7 Cara Mengusir Kecoa secara Alami yang Ampuh dan Cepat di Rumah

1. Menggunakan Timun

Bahan alami yang satu ini biasanya banyak digunakan untuk hidangan pencuci mulut, bahan lalapan atau bahan minuman. Tahukah Anda, fungsi lain dari mentimun atau timun ini ternyata juga bermanfaat untuk mengusir kecoa loh. Bagaimana bisa? Cara pemanfaatannya sangat mudah, dimulai dari menggunakan irisan timun terutama bagian yang pahit supaya lebih bekerja dengan baik.

Irisan kecil mentimun tersebut letakkan pada bagian titik masuk serangga. Misalnya di bagian dapur. Alternative lainnya, Anda juga bisa menggunakan kaleng alumunium kosong yang sudah dibersihkan dan masukkan irisan timun tersebut ke bagian dalamnya. Aroma dari timun tersebutlah yang akan mengusir dan membunuh kecoa dan semut.

2. Menggunakan Soda Kue dan Gula

Selain timun, Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti soda kue dan gula. Perpaduan antara dua bahan ini ternyata cukup efektif untuk membasmi kecoa dengan ampuh. Caranya adalah dimulai dengan menyiapkan bahan bahan seperti bubuk soda kue, gula dan cangkir atau mangkuk. Campur bahan bahan tersebut dengan ukuran porsi yang sama. Lalu tinggal taburkan pada sarang kecoa dimana ia terlihat.

Nah, mengapa soda kue dan gula bisa digunakan? Ya, meskipun soda kue dan gula tidak beracun seperti halnya asam borat, namun apabila bahan ini sudah tercampur dengan asam lambung kecoa, maka seiring waktu bisa membuat hewan ini mati.

3. Menggunakan Daun Salam

Daun salam memiliki aroma yang cukup kuat dan menyengat sehingga sangat tidak disukai oleh kecoa. Jadi bagi Anda yang tidak tega langsung membasmi kecoa, Anda bisa memanfaatkan daun salam untuk mengusirnya saja. Cara menggunakannya adalah dengan menghancurkan segenggam daun salam dengan cara diulek atau sejenisnya.

Nah, daun salam yang sudah dihaluskan menjadi seperti bubuk tersebut bisa langsung Anda taburkan di bagian rumah yang banyak kecoanya. Daun salam sendiri memiliki sifat yang antibakteri sehingga selain bisa dimanfaatkan sebagai pengusir kecoa juga dapat diolah untuk mencegah penyakit.

4. Menggunakan Kulit Lemon

Selain bahan alami diatas, tidak ketinggalan manfaat lemon juga bisa digunakan untuk mengusir kecoa loh. Aroma menyegarkan dari buah lemon biasanya sering kita temui di dalam produk pembersih rumah bukan? Inilah mengapa, kita juga secara alami bisa memanfaatkan kulit lemon secara langsung.

Cara pemanfaatannya sangat mudah. Dimulai dari memeras air lemon lalu menaruhnya dalam sebuah botol semprot. Lalu semprotkan saja air lemon tersebut ke area lokasi dimana Kecoa kerap singgah. Anda juga bisa memanfaatkan air lemon yang dicampurkan dengan air untuk membersihkan permukaan tempat tempat yang kotor.

5. Selalu Menjaga kebersihan Rumah

Cara yang utama dalam rangka mencegah adanya kecoa bersarang di rumah Anda adalah dengan selalu menjaga kebersihan rumah. Kebersihan rumah dimulai dengan selalu membuat isi tempat sampah secara teratur, membersihkan lantai rumah dengan menyapu, mengepel, membersihkan remah remah makanan atau tumpahan minuman secara teratur.

Hindari juga kebiasaan suka mengumpulkan koran, kotak koran atau majalah yang tidak perlu. Bersihkan juga secara rutin tempat tempat yang kemungkinan sulit dijangkau untuk dibersihkan. Mulai dari bagian bawah furniture seperti di bawah kulkas, lemari, tempat tidur, sofa ataupun kompor. Anda juga bisa meletakkan kapur barus atau kamper di tempat yang terlihat lembap dan gelap.

6. Menutup Makanan dan Minuman

Sebagaimana yang kita ketahui kecoa membutuhkan air supaya bisa bertahan hidup. Nah, untuk itu coba pastikan area dilingkungan rumah Anda aman dimana tidak ada sumber air yang terbuka atau menetes seperti melalui pipa yang bocor, gelas, dispenser, keran dan lain sebagainya.

Selain itu pastikan juga kalau ada sisa makanan atau minuman, simpanlah di dalam wadah yang kedap udara, menutupnya dengan rapat atau menyimpannya di dalam kulkas.

7. Menutup Tempat Masuknya Kecoa

Apabila Anda melihat ada retakan di dinding ataupun di lantai rumah baik celah kecil di pintu, sebaiknya langsung mengambil tindakan untuk menutupnya. Hal ini dilakukan supaya kecoa tidak masuk ke dalam rumah melalui celah tersebut. Jangan lupa juga untuk menutup lubang di dalam kamar mandi yang biasanya bisa menjadi jalur masuk kecoa di dalam rumah.

Inilah informasi update yang mengulas cara mengusir kecoa secara alami yang ampuh dan cepat dirumah. Kebersihan dirumah sangat penting untuk dijaga. Meskipun bahaya adanya kecoa tidak langsung dirasakan, Anda harus tetap bersikap kritis untuk segera mencegahnya. Lengkapi pengetahuan terkait tips dan trik kesehatan dan lain sebagainya di Naila.my.id

Ingatlah untuk jangan sesekali menganggap remeh keberadaan dari kecoa dirumah Anda. Hewan kecil ini mampu memberikan dampak masalah yang serius apabila tidak segera diatasi. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan berbagai cara untuk mengusir kecoa supaya kesehatan Anda dan semua anggota keluarga bisa tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

[ad_2]

Source link

Leave a Comment